Jumat, 11 Oktober 2013

Enam Mahasiswa Kreatif Diganjar Hadiah Kemenparekraf


Ilustrasi/budpar.go.id
JAKARTA –Kemampuan menulis bisa mengantar siapa pun mendapatkan penghargaan.
Enam mahasiswa diganjar hadiah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah memenangkan Lomba Karya Tulis Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional 2013 .
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf I Gde Pitana memberikan hadiah kepada para pemenang lomba pada Kamis 10 Oktober 2013.
"Kami berharap penghargaan ini bisa memacu mahasiswa untuk semakin kreatif dan menuliskan karya-karya mereka agar bisa dibaca khalayak yang lebih luas," kata Pitana.
Ia menambahkan, tujuan diselenggarakan lomba karya tulis, di antaranya untuk membangkitkan minat generasi muda khususnya kalangan mahasiswa agar aktif menulis terutama untuk tema yang berkaitan dengan ekonomi kreatif.
"Selain itu juga merupakan sarana dan ajang mengembangkan kreativitas dengan merumuskan berbagai konsep pengembangan konten penyiaran yang lebih berkarakter Indonesia," katanya.
Hadiah berupa piala dan piagam dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta hadiah uang diberikan kepada juara pertama, kedua, dan ketiga, serta juara harapan satu, dua, dan tiga.
Keenam pemenang lomba mendapat hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang masing-masing sebesar Rp12 juta, Rp9,6 juta, dan Rp7,2 juta untuk juara pertama, kedua, dan ketiga.
Sedangkan uang sebesar Rp6 juta, Rp4,8 juta, dan Rp3,6 juta untuk juara harapan satu, dua, dan tiga.
Lomba Karya Tulis Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional untuk Mahasiswa 2013 mengangkat tema Kreativitas untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa.
Sedangkan subtema lomba tersebut adalah Pengembangan Kreativitas Konten Berbasis Seni dan Budaya Indonesia dalam Industri Penyiaran.
Lomba diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan total materi yang diterima panitian sebanyak 36 naskah.
Lomba berhadiah total Rp40 juta ini sebelumnya telah disosialisasikan melalui website resmi Kementerian Parekraf di www.parekraf.go.id, iklan di radio, serta melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Blackberry Messanger.
Lomba melibatkan dewan juri yang terdiri dari Peneliti Utama LIPI Rusdi Muchtar, pakar sosiologi mass media & dosen Pascasarjana Universitas Indonesia Henny Saptatia DN, serta CEO Hellomotion Academy Wahyu Aditya.
Hari ini, para pemenang hadiah tersebut akan diumumkan setelah melalui proses seleksi administrasi, substansi dan presentasi.
Berdasar data di laman budpar.go.id, sebelumnya panitia sudah menyeleksi 10 finalis yang akan diciutkan lagi menjadi 6 pemenang.
Adapun 10 besar lomba tersebut adalah:
  1. Anam Lutfi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  2. Andin Rahmana Putra, Universitas Gajah Mada
  3. Angga Erlando Universitas Brawijaya
  4. Anggi Januar Pratama, STP Bandung
  5. Fiko Rahardito Baskoro, Universitas Gadjah Mada
  6. Gamarina Isti Ratnasari, Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Icmi Tri Handayani, Universitas Hasanuddin
  8. Liliek Handoko, Universitas Negeri Semarang
  9. Mohammad Fariz, Universitas Brawijaya
  10. Utari Agustina, Politeknik Negeri Sriwijaya
(Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar terbaik