Jumat, 11 Oktober 2013

AFC U-19: Berani Beradu, Skill Oke, Fisik Prima. Jadi, Kenapa Takut Korea?


Timnas Indonesia U-19/Antara-muhammad adimaja
JAKARTA - Hampir seluruh anggota skuat timnas U-19 punya modal yang pantas diandalkan sebagai tim masa depan Indonesia. Mereka berani beradu secara fisik dengan pemain lawan, hampir semua punya kemampuan melepas tendangan keras jarak jauh, fisik mereka pun prima bukan cuma 2 x 45 menit, tetapi sudah terbukti 120 menit.
Melihat modal yang lebih dari cukup itu, apakah berlebihan kalau segenap bangsa Indonesia berharap timnas U-19 bisa mengalahkan Korea Selatan pada pertandingan pamungkas babak penyisihan Piala Asian Football Confederation (AFC) U-19 Grup B yang jadwal pertandingannya Sabtu, 12 Oktober 2013 pk. 19:30? Rasanya tidak berlebihan.
Evan Dimas Darmono dkk. berani bertarung fisik melawan tim yang selama ini kerap kali mengedepankan permainan keras seperti Thailand. Tanpa rasa takut mereka berani adu fisik dengan pemain Thailand pada saat menang dengan skor 3-1 pada turnamen Piala Asean Football Federation (AFF) Cup di Jawa Timur September 2013.
Fisik para pemain asuhan Indra Sjarif itu pun prima. Menghadapi pemain dari negara lain yang selama ini dikenal kuat secara fisik seperti Vietnam, Myanmar, ataupun Timor Leste, mereka tetap mampu bertahan hingga akhir pertandingan, sementara para pemain lawan sudah banyak yang bergelimpangan akibat ritme permainan yang tinggi.
Dari kualitas skill permainan individu ataupun secara tim, Evan Dimas dkk. layak diacungi jempol. Bahkan, mohon maaf, silakan saja Anda bandingkan kualitas permainan mereka dengan yang usianya lebih dewasa, katakanlah timnas U-23 yang berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG). Silakan nilai tanpa tendensi apa pun.
Yang juga sangat menarik, banyak pemain yang punya kemampuan melepas tendangan keras jarak jauh. Ini yang tak banyak dipunyai oleh kebanyakan pemain kita masa lalu.
Nah, dengan pemain yang berani beradu secara fisik dengan pemain lawan, ada tembakan jitu, skill mantap, dan fisik prima, tidak ada alasan untuk takut terhadap pemain Korsel.
Teori sederhana dalam sepak bola, kekurangan teknis harus diimbangi dengan sajian permainan sedikit keras. Buat lawan jeri! Ayo Yabes, Paulo, Evan, Hargianto, ayo semua, main beringas, lumat Korea!! (Kabar24.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar terbaik