Selasa, 24 September 2013

Gelar Budaya RBM Factor Diikuti Lima Belas Sanggar


Wonosari, (sorotgunungkidul.com)--Gelar Budaya, Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Factor 2013 yang di gelar dibalai desa Karang Tengah, Gunungkidul diikuti oleh lima belas sanggar yang tersebar di seluruh Kabupaten Gunungkidul, Minggu (30/6/2013). Agenda ini sudah menjadi tradisi tahunan yang menjadi tambahan program dari PNPM yang diberikan dari pusat atas keberhasilan Kabupaten Gunungkidul dalam melaksanakan Program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Pedesaan.
Tahun 2013 gelar budaya tidak mengadakan dialog budaya seperti tahun 2012. Tahun ini panitia hanya mengadakan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) factor atau lomba pertunjukan seni yang mengangkat kearifan lokal yang ada di Gunungkidul. Ada beberapa macam jenis yang dilombakan dalam dalam RBM factor seperti tari, Dolanan bocah, macam-macam kreasi anak dan masih banyak lagi.

Gelar budaya merupakan program kerja yang dianggarkan melalui dana PNPM Pusat dan penggarapannya melibatkan Balai Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB),Ruang Belajar Masyarakat (RBM), Forum Anak Gunungkidul (FAG), Forum Anak Desa (FAD), SOS Children’s Villages, dan Karang Taruna Desa Karang tengah. Ketua Panitia Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Factor 2013 Tomy Darlinanto berharap, gelar budaya ini bisa menumbuhkan nilai-nilai budaya dimasyarakat dan sekaligus bisa melestarikan budaya lokal yang bisa mengangkat nama Kabupaten Gunungkidul.
“Tahun ini kita bekerjasama dengan berbagai sanggar yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Acara kita konsep seperti X-Faktor yang ada di salah satu stasiun televise swasta. Mereka boleh menampilkan kesenian apa saja yang jelas apa yang meraka tampilkan tetap mengusung kearifan lokal yang ada di kabupaten Gunungkidul,” katanya.

Dari lima belas sanggar yang mengikuti pagelaran ini sepeperti Sanggar Komunitas Cakrawala, Sanggar Garu Luku, Sanggar Bosskid, Sanggar Mentari, Sanggar Puri Manunggal Bina Anak Bangsa, Sanggar Sopo Jiwa, Sanggar Mutiara, Sanggar Kasih Peka, Sanggar Padmanisa, Sanggar Prisma, Sanggar Melati Indah, Sanggar Darul Ilmi, Sanggar Permata Hati, Sanggar Kuncup Merekah, dan Forum Anak Duwet (Fandedu) akan di pilih tiga penampilan terbaik yang akan di ikut sertakan dalam Forum Anak Nasional di Provinsi DIY sekaligus akan di beri uang pembinaan. Untuk Juara I Rp.700.000,-, Juara II Rp.500.000, dan Juara III Rp.250.000,-.

Sumber:

www.sorotgunungkidul.com/berita-gunungkidul-1675-gelar-budaya-rbm-factor-diikuti-lima-belas-sanggar-.html#ixzz2frRfBaGz

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar terbaik